FKIP Matematika UMM

Profil

Program

Studi Pendidikan Matematika

IMG_0192
  • Program Studi (PS) : Pendidikan Matematika
  • Jurusan/ Departement : Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nomor SK Pendirian prodi (*) : 070/O/1985
  • Tanggal SK Pendirian prodi : 18 Februari 1985
  • Pejabat Penandatangan
  • SK Pendirian prodi : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Bulan & Tahun Dimulainya
  • Penyelenggaraan prodi : Juni 1983
  • Nomor SK Izin Operasional (*) : 070/ O/ 1985
  • Tanggal SK Izin Operasional : 18 Februari 1985
  • Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir: B Lihat disini
  • Nomor SK BAN-PT : 018/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008
  • Alamat prodi : Kampus III UMM,
  • Jl. Raya Tlogomas 246 Malang 65144
  • No. Telepon prodi : 0341- 464318 Pesawat 123
  • No. HP. KaProdi : 0341-7741903
  • No. Faksimili Prodi : 0341-460435
  • Homepage dan E-mail Prodi : http://math.umm.ac.id, E-mail: math@umm.ac.id
  • Facebookhttps://www.facebook.com/fkipmatematika.umm
  • Twitter: @matematikaUMM
  • Ketua

    Program

    Studi Pendidikan Matematika FKIP-UMM

     

    Drs.Hendarto Cahyono, M.Si
    Puji syukur amat mendalam terlebih dahulu disampaikan kepada Allah SWT, yang telah memberi beribu limapahan rahmat dan karunia khususnya kepada keluarga besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang. Berkat Hidayah-Nya, sampai saat ini Program Studi Pendidikan Matematika UMM masih mendapat kepercayaan dari mahasiswa baru sebagai program studi yang mampu dan siap untuk mengantarkan menuju masa depan yang lebih baik. Tak lupa kata “Selamat dan Sukses” diucapkan kepada mahasiswa baru yang telah menyelesaikan studi pada jenjang menengah atas dan telah lulus dalam menghadapi UAN (Ujian Akhir Nasional).
    Tentunya pendidikan pada jenjang menengah atas sangat berbeda dengan perguruan tinggi. Karena dalam jenjang perguruan tinggi, seorang mahasiswa harus dituntut menjadi pribadi yang berwawasan luas, mandiri, kreatif, dan Inovatif agar mampu berkompetisi berdasarkan bidang yang telah dipilih pada suatu program studi. Salah satu program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang adalah pendidikan Matematika yang berkecimpung dalam dunia keguruan khususnya pembelajaran matematika.
    Sehingga dalam hal ini, mahadsiswa program studi matematika akan dihantarkan menjadi sarjana S1 yang memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan matematika seperti, cara menerapkan model-model Pembelajaran matematika, membuat evaluasi pembelajan matematika, merencanakan pembelajaran matematika, dan menentukan strategi pembelajaran matematika. Dengan demikian, melalui program studi pendidikan matematika diharapkan mahasiswa dapat menjadi penerus bangsa yang memiliki karakter pendidik yang baik dan menjadi teladan bagi peserta didik baik dalam segi keilmuan maupun kependidikan.

    Info Lain: math.umm.ac.id

    Pendidikan Matematika UMM Terbaik di Indonesia

    Ilustrasi

    Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali menjadi perhatian QS World Rankings  yang berpusat di London, Inggris. Setelah tahun lalu memberi predikat Bintang Dua untuk kampus swasta terbesar di Jawa Timur ini, tahun ini QS menempatkan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai satu-satunya prodi pendidikan yang meraih posisi lima besar terbaik di Indonesia.

    Melalui QS World

    University

    Rankings by Subject 2013, dirilis lima perguruan tinggi dengan jurusan Matematika terbaik. Selain UMM, perguruan tinggi lainnya adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan Universitas Airlangga. UMM merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang bukan dari jurusan Matematika murni tetapi pendidikan.

    Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM, Dr. Syaifudin, MPd, menerangkan pencapaian pengakuan internasional ini tak lepas dari upaya yang terus menerus membangun kultur keilmuan di prodinya. Prodi Pendidikan Matematika tidak hanya ingin mencetak guru matematika yang profesional dan handal, tetapi juga melahirkan ilmuwan yang kompeten.

    “Alhamdulillah, dunia luar pun mengakui kita sejajar dengan kampus-kampus besar di Indonesia. Ini merupakan hasil dari kesungguh-sungguhan yang kita lakukan selama ini,” ujar Syaifudin yang juga dosen pendidikan Matematika di UMM itu.

    Dijelaskannya, keunggulan Pendidikan Matematika UMM antara lain dari kualifikasi dosen yang sudah go international, baik dalam penelitian, penulisan karya ilmiah, maupun publikasi melalui seminar-seminar. Di samping itu mahasiswa Matematika yang dibekali pendidikan komputasi, menjadikan lulusan UMM memiliki kelebihan khusus.

    Salah seorang dosen Pendidikan Matematika UMM, Dr. Ihsanul In’am, mengaku dirinya dikenal di kalangan ilmuwan matematika karena tulisannya di jurnal internasional. Ide-ide ilmiah yang dituangkan telah dikutip oleh mahasiswa, dosen maupun peneliti dari berbagai belahan dunia.

    “Saya kira faktor publikasi internasional sangat penting. Gagasan tentang matematika itu harus sebarkan kepada publik seluas mungkin kepada masyarakat dunia sehingga bisa menjadi referensi para peneliti,” terang In’am yang juga Kepala Program Studi Magister Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (MKPP) Pascasarjana UMM.

    In’am mengakui ilmuwan Matematika di Indonesia masih cukup langka. Untuk itu diperlukan penguatan kualitas melalui program studinya. “Jika ilmuwan Matematika karyanya dikutip oleh ilmuwan lain, maka itu merupakan pengakuan atas karya itu,” katanya.

    Seperti deiketahui, QS melakukan pemeringkatan melalui indikator reputasi akademik, kualitas sumberdaya manusia, jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, produktivitas dan dampak dari karya ilmiah peneliti dan sarjana, serta kekuatan spesialisasi pada disiplin ilmu.

    Menanggapi prestasi ini Pembantu Rektor I Prof Dr Bambang Widagdo, MM, mengaku ikut senang dan besyukur. Pihaknya semakin yakin akan sumberdaya manusia di Prodi Pendidikan Matematika dan optimis pembukaan Prodi baru, yakni Magister Pendidikan Matematika yang dibuka tahun ini akan berjalan sukses. “Mohon doa restu agar Magister Pendidikan Matematika memperoleh animo masyarakat luas,” harapnya. (mel/nes/nas)

Leave a comment